Minggu, 01 Januari 2012

Bagaimana Cara Pemulihan Penyakit Stroke?

Apa yang terjadi pada otak saya sehingga saya bisa pulih setelah stroke?
Belum ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Namun, sejumlah penelitian telah dilakukan untuk memahami yang terjadi setelah stroke.

Saat artei tersumbat, bagian otak yang mendapat suplai oksigen dan nutrisi akan terpengaruh. Bagian otak yang mendapat suplai darah dari arteri yang tersumbat masih dapat hidup karena suplai dari arteri lain meski dengan sedikit darah. Daerah dengan kerusakan parah di otak mungkin akan mati dalam beberapa jam setelah arteri tersumbat. Namun, semakin jauh dari daerah ini, otak menjadi lebih sehat dan tetap bertahan.

Beberapa bagian dari otak yang rusak dapat membengkak dan meradang. Hal ini sama seperti jika jari Anda tergores, daerah sekitarnya akan membengkak dan meradang. Pemulihan akan terjadi bertahap sebagai suatu bentuk adaptasi terhadap peradangan dan akan membuat sel-sel otak kembali bekerja. Hal ini mungkin terjadi karena sel-sel otak masih mendapat sedikit suplai darah untuk "bangun" dan kembali bekerja seperti sediakala sehingga bagian otak yang lain dapat menambil alih fungsi otak yang rusak. Meskipun sel-sel otak dapat membuat koneksi baru satu sama lain sehingga sel-sel saraf dapat berkembang dan kembali kepada fungsi semula. Proses ini disebut neuroplastisiti. Namun, pertentangan tentang peran proses neuroplastiti dan manfaat fisioterapi masih banyak terjadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar