Jumat, 16 September 2011

Terkena Stroke TIA, Apakah TIA itu?

TIA merupakan signaktan dari transient ischemic attack, "serangan" sementara terjadi karena aliran darah tersumbat. Keadaan TIA sama seperti stroke. Perbedaannya adalah jika terkena TIA, Anda akan pulih sempurna dalam 24 jam. Seperti halnya stroke, gejala pada TIA pun beragam tergantung pada bagian otak yang terkena.

Salah satu tipe TIA adalah amaurosis fugax, yaitu ketika arteri menuju mata tersumbat sementara. Hal ini dapat menyebabkan kebutaan. Orang yang terkena serangan ini mendeskripsikan rasanya seperti ada tirai yang menutupi mata.

TIA harus ditanggapi serius dan diperiksakan ke dokter sesegera mungkin. Dokter biasanya langsung memberikan aspirin dan menyarankan untuk pergi kedokter spesialis saraf untuk melakukan beberapa pemeriksaan. Anda harus menganggap TIA sebagai peringatan bahwa ada yang tidak beres dengan aliran darah di otak. Apabila anda segera tanggap, kemungkinan untuk terjadi serangan kembali sangat kecil. Namun, apabila peringatan ini diacuhkan, akan beresiko pada timbulnya stroke. Tindakan cepat sangat diperlukan jika anda mendapati adanya tanda-tanda yang mungkin saja TIA. TIA dapat berkembang menjadi stroke dalam beberapa minggu pertama setelah gejala muncul. Anda harus memerhatikan jika mengalami nyeri dada karena hal ini mungkin saja dapat berkembang menjadi serangan jantung.

Dinegara seperti Inggris, Petunjuk Kesehatan Nasional untuk stroke merekomendasikan seseorang yang terkena TIA agar segera diperiksa oleh dokter spesialis dan menerima pengobatan yang sesuai dalam 7 hari timbulnya gejala. Sayangnya, di banyak bagian dunia, fasilitas ini tidak terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar