Minggu, 18 September 2011

Apakah yang dimaksud hemoragi (pendarahan) di otak?

Salah satu penyebab stroke adalah karena pendarahan otak. Adanya lubang pada dinding arteri otak akan mengakibatkan arteri bocor dan mengenai jaringan otak. Apabila pendarahan ini terus berlanjut, harapan pemulihan akan menipis dan berisiko pada kematian. Namun, tubuh anda akan mampu mengatasi fase berbahaya ini dan pendarahan akan berhenti. Kesempatan Anda untuk sembuh lebih besar dibanding mereka yang mengalami stroke akibat infark (kematian jaringan otak) dengan ukuran luka yang sama.

Tekanan darah yang tinggi, terutama apabila baru-baru saja, merupakan penyebab tersering pendarahan di otak. Namun, penyelidikan yang lebih lanjut untuk mencari penyebab sebenarnya tetap dibutuhkan.

Pertanyaan: Anak saya yang berusia 41 tahun dibawa kerumah sakit akibat hemoragi (pendarahan) subaracnoid. Apa maksudnya?


Sekitar satu diantara dua puluh kasus stroke disebabkan oleh hemoragi subarachnoid. Kemoragi subbarachnoid ialah kondisi adanya pendarahan dibawah membran yang membungkus bagian terluar otak. hal ini dapat disebabkan oleh melemahnya dinding arteri (aneurisma). Pada kasus ini, arteri akan melebar dan kemudian pecah, lalu darah bocor kemana-mana. Ini merupakan penyebab tersering ternjadinya stroke pada orang muda. Stroke jenis ini khas karena terjadi mendadak, disertai sakit kepala berat (bagian belakang kepala seperti dipukul benda yang sangat keras), diikuti oleh kekauan leher, dan perasaan tidak nyaman jika terpapar sinar yang sangat terang. Ciri-ciri lainnya serupad engan stroke, misalnya kehilangan kemampuan bicara jika pembuluh darah yang bocor mengenai otak yang bersangkutan.

Tetapi untuk mengatasi hemoragi sebarachnoid berbeda dengan stroke pada umumnya. Operasi mungkin dibutuhkan untuk memperbaiki aneurisma sehingga pendarahan tidak terjadi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar